Tim Penilai Lomba Satkamling Tingkat Polda Jateng Tahun 2022 hadir di Pos Satkamling Dusun Warureja RT 02/03 Desa Margasari Kecamatan Sidareja, setelah Pos Satkamling dimaksud beberapa waktu lalu ditingkat Distrik Kabupaten Cilacap menang, dan melaju ke tingkat Polda Jateng dalam Rangka HUT Bhayangkara ke-76, Senin Malam (18/7/2022)

Kegiatan lomba ini bertujuan untuk meningkatkan semangat dalam meningkatkan keamanan diwilayah, dan Kamtibmas juga merupakan tanggung jawab kita bersama, sehingga dapat mendeteksi sejak dini dan menangkal serta mencegah timbulnya berbagai permasalahan kejahatan.

Kepala Desa Margasari dalam sambutannya menyampaikan, ucapan selamat datang kepada rombongan tim penilai Polda Jateng dan undangan lain dalam acara yang terselenggara yaitu penilaian lomba Satkamling tingkat Polda Jateng, ucapan terimakasih juga di sampaikan kepada semua unsur yang terlibat dalam mensukseskan acara hingga bisa melaju ke tingkat Polda Jateng.

Kepala Desa juga menyampaikan rasa syukur dan bangganya Desa Margasari kembali di tunjuk dan mendapat kesempatan untuk mewakili Lomba Satkamling tingkat Polda Jateng.

Dengan harapan, kegiatan ini bisa memberikan semangat, motivasi dan dorongan kepada masyarakat yang dalam hal ini ikut membantu tugas Polri dalam melaksanakan ketertiban, keamanan dan kenyamanan lingkungan,” terang Kepala Desa Samingun.

” Sementara tim penilai lomba Satkamling tingkat Polda Jateng membeberkan, Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) sangat dan saling berkaitan dengan adanya bangunan Pos Satkamling, sarana dan prasarana di antaranya, buku mutasi, tongkat, borgol, dan petugas jaga dan kelengkapan keamanan lainnya.

Dan Satkamling merupakan satuan masyarakat yang mengemban fungsi Kepolisian secara terbatas yang di bentuk oleh warga masyarakat berdasarkan kemauan, kesadaran dan kepentingan untuk memelihara keamanan lingkungan jelasnya bahwa Satkamling adalah bagian dari Sistim Keamanan Lingkungan (Siskamling).

Tugas Satkamling salah satunya merupakan dan sebagai ujung tombak dalam memelihara lingkungan di tingkat RT,” ujar AKBP Nunuk Setyowati S.I.K., M.H (Kasubdit Binsatpol Ditbinmas) Polda Jateng.

Dalam kegiatan Penilian Lomba Satkamling tingkat Polda Jateng Tahun 2022 juga di laksanakan peragaan (Simulasi) penanganan kejahatan yang terjadi dan kesiapsiagaan warga yang melaksanakan tugas jaga di Pos Satkamling beserta aparat TNI dan Polri dalam hal ini Babinsa dan Babhinkamtibmas sebagai bahan penilaian tim.

Tim penilai juga melihat langsung kelengkapan sarana dan prasana serta kelengkapan juga fasilitas sebagai data dukung penilaian,

Satkamling Dusun Warureja RT 02/03 Desa Margasari, yang masuk kedalam wilayah hukum Polsek Sidareja ditunjuk sebagai perwakilan Pos Satkamling Polres Cilacap.

Turut mendampingi Tim Penilai Polda Jateng Kompol Budiarto, Kasat Binmas Polres Cilacap AKP Setyo Nugroho,S.H, Danramil 11/Sidareja Kapten Inf Agus Wantoro, Babinsa Pelda Sugita, Babinkamtibmas AlPTU Siswanto,  Kapolsek Cipari AKP Priyatno, Kapolsek Sidareja AKP Suwarno, Kapolsek Patimuan lPDA Sugeng. S, Kapolsek Gandrungmangu AKP Sudrio, Kapolsek Kedungreja AKP Sutomo, Kepala Desa Margasari Samingun, Pj Sekdes Margasari Halimi, Perangkat Desa, Lembaga Desa, Tokoh Agama dan Masyarakat setempat,

Camat Sidareja diwakili Kasi Trantibum Nanang Triarso, S.Sos, dan Anggota Polsek se Distrik Sidareja.

Ditulis oleh Sugeng.S pada website tabloidnpp.com

Bagikan Berita