Desa Margasari, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, menggelar forum konsultasi publik sesi 1 tentang kemiskinan pada hari Selasa, 2 Mei 2023. Kegiatan ini melibatkan Badan Pusat Statistik Kabupaten Cilacap, Pemerintah Desa Margasari, dan para ketua RT setempat.

Forum ini bertujuan untuk mendengarkan aspirasi dan masukan dari masyarakat terkait upaya penanggulangan kemiskinan di wilayah tersebut. Para peserta forum aktif berdiskusi dan memberikan saran yang konstruktif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan di Desa Margasari.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa Margasari, Bapak Samingun, menyampaikan bahwa pemerintah desa akan terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengembangkan sektor-sektor ekonomi yang potensial di desa tersebut, seperti pertanian dan perikanan. Selain itu, pemerintah desa juga akan terus memperkuat program-program pemberdayaan ekonomi masyarakat, seperti pelatihan keterampilan dan bantuan modal usaha.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Cilacap, yang diwakili oleh  Bapak Manan Ajhari, menyampaikan bahwa data kemiskinan di Kabupaten Cilacap menunjukkan tren penurunan yang positif, namun masih banyak pekerjaan yang perlu dilakukan untuk menurunkan angka kemiskinan di wilayah tersebut. Menurutnya, forum konsultasi publik ini sangat penting untuk mendengarkan suara masyarakat dan merumuskan kebijakan yang tepat untuk menanggulangi kemiskinan.

Para ketua RT juga turut berpartisipasi aktif dalam forum konsultasi publik ini. Mereka menyampaikan kondisi riil di lapangan dan memberikan masukan untuk program-program yang lebih tepat sasaran dalam menanggulangi kemiskinan.

Dengan digelarnya forum konsultasi publik tentang kemiskinan ini, diharapkan bahwa pemerintah desa, Badan Pusat Statistik Kabupaten Cilacap, dan masyarakat dapat bekerja sama dalam upaya menanggulangi kemiskinan di Desa Margasari dan menciptakan kesejahteraan yang lebih baik bagi masyarakat setempat.

Dalam forum konsultasi publik tersebut, juga diungkapkan bahwa salah satu faktor penyebab kemiskinan di Desa Margasari adalah rendahnya tingkat pendidikan dan keterampilan masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah desa dan Badan Pusat Statistik Kabupaten Cilacap akan meningkatkan program pelatihan keterampilan dan pendidikan bagi masyarakat agar dapat meningkatkan kualitas hidup dan meraih kesempatan kerja yang lebih baik.

Kegiatan forum konsultasi publik tentang kemiskinan ini juga diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi masyarakat setempat untuk turut serta dalam upaya penanggulangan kemiskinan di Desa Margasari. Dengan melibatkan masyarakat dalam perencanaan dan pelaksanaan program-program penanggulangan kemiskinan, diharapkan program-program tersebut dapat lebih efektif dan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat.

Kepala Desa Margasari, Bapak Samingun, berharap bahwa forum konsultasi publik tentang kemiskinan ini dapat menjadi awal yang baik untuk memperkuat sinergi antara pemerintah desa, Badan Pusat Statistik Kabupaten Cilacap, dan masyarakat dalam upaya menanggulangi kemiskinan. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain di Kabupaten Cilacap dan di seluruh Indonesia untuk melibatkan masyarakat dalam perencanaan dan pelaksanaan program-program penanggulangan kemiskinan.

Bagikan Berita