Apakah Anda sedang mengalami kesulitan dengan bayi Anda yang menderita kolik? Jika iya, Anda tidak sendirian. Kolik adalah masalah yang sering terjadi pada bayi, dan dapat menyebabkan stres dan kegelisahan bagi orang tua. Namun, jangan khawatir. Ada beberapa tanaman obat yang dapat membantu mengatasi kolik pada bayi Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas berbagai tanaman obat yang efektif untuk mengatasi kolik pada bayi Anda.

1. Peppermint

Peppermint

Peppermint, atau mint, adalah salah satu tanaman obat yang paling efektif untuk mengatasi kolik pada bayi. Minyak peppermint mengandung menthol, yang memiliki sifat antispasmodik dan menenangkan. Anda dapat menggunakan minyak peppermint dengan cara mencampurkan beberapa tetes dengan minyak kelapa dan mengoleskannya ke perut bayi Anda dengan lembut.

2. Chamomile

Chamomile

Chamomile, atau teh chamomile, adalah tanaman obat yang memiliki sifat menenangkan dan antispasmodik. Anda dapat membuat teh chamomile dengan merebus beberapa bunga chamomile kering dalam air panas selama beberapa menit. Setelah itu, biarkan teh tersebut dingin dan berikan sedikit pada bayi Anda. Teh chamomile dapat membantu mengurangi kram perut dan meredakan gejala kolik.

3. Fennel

Fennel

Fennel, atau adas manis, adalah tanaman obat yang sering digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti kolik. Anda dapat menggunakan biji fennel untuk membuat teh. Caranya adalah dengan merebus beberapa biji fennel dalam air panas selama beberapa menit. Setelah itu, dinginkan teh dan berikan sedikit pada bayi Anda. Teh fennel dapat membantu meredakan perut kembung dan kram yang disebabkan oleh kolik.

4. Ginger

Ginger

Jahe adalah tanaman obat yang memiliki sifat antispasmodik dan antiinflamasi. Anda dapat membuat teh jahe dengan merebus beberapa potongan jahe segar dalam air selama beberapa menit. Setelah itu, dinginkan teh dan berikan pada bayi Anda dalam jumlah yang sedikit. Teh jahe dapat membantu meredakan kram perut dan mengurangi gejala kolik.

5. Lemon Balm

Lemon Balm

Lemon balm adalah tanaman obat yang memiliki sifat menenangkan dan antispasmodik. Anda dapat menggunakan lemon balm dengan cara merebus beberapa daun lemon balm dalam air panas selama beberapa menit. Setelah itu, dinginkan air dan berikan pada bayi Anda dalam jumlah yang sedikit. Lemon balm dapat membantu meredakan perut kembung dan mengurangi gejala kolik.

6. Lavender

Lavender

READMORE

Lavender memiliki sifat menenangkan dan antispasmodik. Anda dapat menggunakan lavender dengan cara menambahkan beberapa tetes minyak lavender ke air mandi bayi Anda. Mandikan bayi Anda menggunakan air mandi yang mengandung minyak lavender tersebut. Hal ini dapat membantu mengatasi kram perut dan meredakan gejala kolik pada bayi.

7. Cumin

Cumin

Cumin adalah tanaman obat yang digunakan secara luas di India untuk mengatasi masalah pencernaan. Anda dapat menggunakan bubuk cumin dengan cara mencampurkannya dengan air hangat dan memberikan sedikit pada bayi Anda. Bubuk cumin dapat membantu mengurangi perut kembung dan meredakan gejala kolik pada bayi Anda.

8. Caraway

Caraway

Caraway adalah tanaman obat yang memiliki sifat antispasmodik dan mengandung minyak lembut yang membantu melancarkan sistem pencernaan. Anda dapat menggunakan bubuk caraway dengan cara mencampurkannya dengan air hangat dan memberikan sedikit pada bayi Anda. Bubuk caraway dapat membantu meredakan kram perut dan mengurangi gejala kolik.

9. Dill

Dill

Dill adalah tanaman obat yang dapat membantu mengatasi kolik pada bayi. Anda dapat menggunakan biji dill untuk membuat teh. Caranya adalah dengan merebus beberapa biji dill dalam air panas selama beberapa menit. Setelah itu, dinginkan teh dan berikan pada bayi Anda. Teh dill dapat membantu meredakan perut kembung dan kram yang disebabkan oleh kolik.

10. Licorice

Licorice

Licorice adalah tanaman obat yang memiliki sifat antispasmodik dan demulcent. Anda dapat menggunakan licorice dengan cara merebus beberapa akar licorice dalam air panas selama beberapa menit. Setelah itu, dinginkan air dan berikan pada bayi Anda. Licorice dapat membantu meredakan perut kembung dan mengurangi gejala kolik.

11. Angelica

Angelica

Angelica adalah tanaman obat yang dapat membantu mengurangi perut kembung dan kram perut. Anda dapat menggunakan akar angelica dengan cara merebusnya dalam air panas selama beberapa menit. Setelah itu, dinginkan air dan berikan pada bayi Anda. Akar angelica dapat membantu meredakan gejala kolik pada bayi Anda.

12. Catnip

Catnip

Catnip adalah tanaman obat yang memiliki sifat menenangkan dan antispasmodik. Anda dapat menggunakan catnip dengan cara merebus beberapa daun catnip dalam air selama beberapa menit. Setelah itu, dinginkan air dan berikan pada bayi Anda. Catnip dapat membantu mengatasi kram perut dan meredakan gejala kolik.

13. Basil

Basil

Daun basi memiliki sifat antispasmodik dan dapat membantu mengurangi perut kembung dan kram perut. Anda dapat menggunakan daun basil dengan cara merebusnya dalam air selama beberapa menit. Setelah itu, dinginkan air dan berikan pada bayi Anda. Daun basil dapat membantu meredakan gejala kolik pada bayi Anda.

14. Dandelion

Dandelion

Dandelion adalah tanaman obat yang memiliki sifat antispasmodik dan diuretik. Anda dapat menggunakan daun dandelion dengan cara merebusnya dalam air panas selama beberapa menit. Setelah itu, dinginkan air dan berikan pada bayi Anda. Daun dandelion dapat membantu meredakan perut kembung dan mengurangi gejala kolik.

15. Lemon Grass

Lemon Grass

Lemon grass adalah tanaman obat yang memiliki sifat antispasmodik dan mengandung minyak esensial yang menenangkan. Anda dapat menggunakan lemon grass dengan cara merebus beberapa batang lemon grass dalam air panas selama beberapa menit. Setelah itu, dinginkan air dan berikan pada bayi Anda. Lemon grass dapat membantu mengatasi kram perut dan meredakan gejala kolik.

16. Coriander

Coriander

Coriander, atau ketumbar, adalah tanaman obat yang dapat membantu mengurangi perut kembung dan kram perut. Anda dapat menggunakan biji coriander dengan cara menghaluskannya dan mencampurkannya dengan air hangat. Berikan sedikit pada bayi Anda. Biji coriander dapat membantu meredakan gejala kolik pada bayi Anda.

17. Marjoram

Marjoram

Marjoram adalah tanaman obat yang memiliki sifat antispasmodik dan menenangkan. Anda dapat menggunakan daun marjoram dengan cara merebus

Mengenal Tanaman Obat Yang Membantu Mengatasi Kolik Pada Bayi Di Keluarga Anda

Bagikan Berita